Mengenal Hernan Gomez Sang Pahlawan Timnas Panama

Mengenal Hernan Gomez Sang Pahlawan Timnas Panama

Mengenal Hernan Gomez Sang Pahlawan Timnas Panama

Mengenal Hernan Gomez Sang Pahlawan Timnas Panama – Headcoach Panama, Hernan Dario Gomez Jaramillo bisa dikata sangat berjasa untuk sepak bola Panama. Dia untuk kali pertama membawa Los Canaleros lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Nama Hernan Gomez sebenarnya tak begitu terkenal di dunia sepak bola. Maklum saja, sepanjang karier bermain atau melatih, dia cuma menangani tim-tim asal Benua Amerika saja. Karier kepelatihan Gomez dimulai saat menjadi asisten Francisco Maturana. Waktu itu Maturana dan Gomez sukses membawa Atletico Nacional menjuarai Copa Libertadores 1989. Kecermelangannya itu membuat dia diangkat menjadi pelatih kepada pada 1991. Kerennya, pada musim pertamanya jadi pelatih kepala, Gomez mampu bawa Nacional meraih gelar Categoria Primera A.

Pelatih 62 tahun itu kemudian kembali bertemu dengan Maturana di Timnas Kolombia. Kolaborasi keduanya membawa Kolombia menempati posisi ketiga pada Copa America 1987. Gomez juga membantu timnas Kolombia lolos ke Piala Dunia 1990 dan 1994. Kala itu Kolombia ada pada generasi emasnya. Pada 1995, dia kemudian ditunjuk jadi pelatih kepala timnas Kolombia dan membawa timnya lolos lagi ke Piala Dunia 1998. Pada 2002, sosok yang saat bermain berposisi sebagai gelandang bertahan itu coba menyebrang ke Ekuador. Tangan dinginnya masih terbukti. Gomez berhasil loloskan Ekuador ke Piala Dunia untuk pertamanya kalinya, meskipun gagal lolos fase grup. Mengenal Hernan Gomez Sang Pahlawan Timnas Panama.

Pernah Menyabet Prestasi Pelatih Terbaik

Dua tahun kemudian Gomez mengundurkan diri menyusul hasil mengecewakan Ekuador di Copa America 2004. Gomez sempat tidak punya tim untuk dilatih. Hingga menjadi komentator untuk salah satu televisi swasta di negaranya. Kolombia yang tengah tak punya pelatih kembali menunjuk Gomez pada 5 Mei 2010. Saat ini, dia ditugaskan membangkitkan Kolombia yang baru saja terpuruk usai gagal lolos ke Piala Dunia 2010. Empat tahun berselang, Gomez diumumkan sebagai pelatih Panama. Kinerjanya baru terlihat dua tahun setelahnya kala dia diberi penghargaan Pelatih Terbaik Concacaf 2015. Kunjungi Agen Taruhan Terbaik AG303.

Baca Juga :

Teknologi Baru Piala Dunia Biar Tidak Salah Paham

Argentina Tidak Hanya Messi Seorang

Jerman Belum Pasti Diperkuat Kiper Utamanya

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: